Sebagai bentuk evolusi dari strategi merambah pasar small and medium-sized business (SMB), Cisco hari ini mengumumkan bahwa mereka memasukkan sejumlah layanan dan aset dari Linksys Small-Business Channel Partner Program ke dalam Cisco Channel Partner Program yang sudah dikenal kehandalannya.
Proses ini juga mengikutsertakan jajaran produk Linksys Business Series ke dalam portofolio SMB Cisco dan memberikan akses bagi para partner channel Cisco akan solusi yang lebih beragam dan memberikan potensi pada meningkatnya pemasukan.
"Sudah sekian lama kami berharap Cisco akan meleburkan dua program partner channel ini ke dalam sebuah program partner SMB yang mencakup produk, layanan dan dukungan," kata Dan Schwab selaku Presiden dari D&H Distributing, salah satu rekanan distribusi dari Cisco yang mengkhususkan diri pada pasar SMB di Amerika Serikat dan Kanada.
"Hubungan yang bersifat tunggal dengan Cisco sudah tentu akan membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dan menyederhanakan cara kita dalam melakukan bisnis dengan komunitas partner channel. Secara singkat dapat dikatakan bahwa berbisnis dengan Cisco sebagai satu kesatuan akan lebih mudah jika dibandingkan dengan satu bagian saja, yakni Cisco atau Linksys," tambahnya, yang disitat siaran pers Cisco, Rabu (20/8/2008).
Pada awal musim panas tahun ini, Cisco mendirikan Small Business Council untuk menyelaraskan strategi small-business Cisco dengan fungsi keseluruhan dari go-to-market secara global. Dewan ini dibentuk untuk memastikan para pelanggan dan partner channel small business memiliki akses terhadap solusi teknologi yang paling lengkap dan inovatif di lingkungan industri komunikasi.
Small Business Council ini dipimpin oleh tiga eksekutif Cisco, mereka adalah: Sue Bostrom, Chief Marketing Officer sekaligus Executive Vice President; Keith Goodwin, Senior Vice President untuk Worldwide Channels serta Ian Pennell, Senior Vice President untuk Small Business Technology Group.
Lebih dari 20.000 partner channel global Linksys akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Cisco Channel Partner Program. Untuk memastikan akses yang berkesinambungan atas beragam sumber daya dan perangkat, para anggota Linksys Partner Connection (LPC) memiliki waktu hingga 16 September 2008 untuk menjadi Cisco Registered Channel Partners.
Keuntungan menjadi partner channel Cisco antara lain, akses terhadap sejumlah perangkat demo, adanya insentif finansial, dukungan penjualan melalui para manajer Small Business Market, pemberian tip melalui halaman web SMB di Cisco.com, serta akses atas sumber daya pemasaran seperti Cisco Campaign Builder, dan Cisco Partner Central.
Perluasan terhadap program partner channel SMB ini tidak mempengaruhi upaya penjualan kepada para pelanggan Linksys kelas konsumen. Linksys akan tetap fokus sebagai divisi dari Cisco yang mengembangkan solusi untuk pelanggan kelas konsumen dan dapat ditemukan pada kalangan ritel dan toko-toko online