mr.d0wer Redaksi
Jumlah posting : 1080 Join date : 14.09.09 Age : 35 Lokasi : MERAK-INDRAMAYU
| Subyek: Membantu Pencarian Google Sambil Bermain Sun Oct 04 2009, 09:44 | |
| Saat melakukan pencarian melalui Google, saya dapati pada halaman pencarian gambar di bagian kanan atas terdapat link bertuliskan New! Google Image Labeler. Fitur yang masih dalam tahap beta ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi mungkin karena hanya muncul di halaman pencarian gambar Google dengan domain .com, masih banyak di Indonesia yang belum tahu gunanya. Sejarah Luis von Ahn mengembangkan permainan online bernama ESP Game yang secara real time melibatkan sepasang pemain yang tidak saling mengenal dan tidak dapat saling berkomunikasi, kecuali untuk memberikan berbagai kata kunci yang sesuai atau berhubungan dengan gambar yang ditampilkan kepada keduanya. Jika ada persamaan dari apa yang diberikan keduanya, permainan akan berlanjut ke gambar berikutnya. Berpendapat permainan tersebut berpotensi meningkatkan akurasi pencarian gambar, Google membeli lisensi game tersebut dan pada tanggal 31 Agustus 2008 meluncurkan layanan Google Image Labeler sebagai bagian dari layanan pencarian gambar milik Google. Cara kerja dan peraturan Agar proses didalam melakukan labelisasi dilakukan dengan baik dan benar, kita harus mengetahui proses kerja dan aturan-aturan yang ada, sebagai berikut: Kita dapat mengakses halaman Google image labeler dari http://images.google.com/imagelabeler/ atau melalui link di halaman image search seperti yang dijelaskan di atas. Saat masuk ke Google image labeler, kita akan melihat daftar 5 pasangan yang membukukan nilai tertinggi pada hari itu dan 5 orang dengan berkontribusi paling besar hingga saat ini. Agar nama kita bisa terpampang di sana, kita harus masuk dengan akun Google/GMail dan kemudian menentukan nama yang ingin kita pakai. Kita juga bisa memiling untuk langsung bermain dengan memilih tombol Start labeling dengan nama Guest. Setelah itu Google secara acak akan mencarikan orang lain yang akan dijadikan pasangan bermain untuk menentukan label pada gambar yang sama dengan yang Anda lihat. Gambar-gambar yang akan ditampilkan merupakan hasil index mesin cari Google dan dipilih secara acak. Ada kemungkinan gambar yang muncul mengandung konten yang tidak baik (pornografi, horor, kekerasan, dsb). Kita bisa zoom in atau zoom out gambar tersebut. Gambar yang tampil harus secepatnya diberi label sesuai dengan ciri yang kita lihat dari gambar tersebut, karena waktu yang tersedia hanya dua menit. Setelah mengetik suatu kata atau grase untuk label pilih tombol Label atau Enter dan label yang Anda tambahkan akan muncul di daftar my labels. Isi label sebanyak-banyaknya (jangan takut salah), apabila Anda berhasil menebak label yang sama dengan pasangan Anda, Anda akan dibawa ke gambar selanjutnya dan label tersebut akan digunakan Google untuk mengartikan gambar tersebut. Isi label dengan kata dalam bahasa Inggris atau tulisan yang terdapat pada gambar. Semakin unik dan spesifik kata yang Anda dan pasangan Anda masukkan, maka nilai yang didapat akan semakin besar (nilai antara 50 sampai 150) Anda tidak bisa memasukkan label yang sudah ada sebelumnya (bisa dilihat daftarnya kolom off-limits) Jika kesulitan menentukan label untuk gambar yang muncul, Anda bisa menyarankan pasangan Anda untuk beralih ke gambar berikutnya dengan memilih tombol Pass dan menunggu teman Anda menyetujuinya dengan menekan tombol tersebut juga (Anda juga bisa melihat apakah pasangan Anda memilih tombol Pass). Saat waktu habis, Anda akan dibawa ke halaman yang menampilkan jumlah nilai dan daftar gambar yang Anda dan pasangan Anda labelisasi. Jika beruntung Anda bisa masuk daftar Today's Top Pairs dan jika Anda sudah berkontribusi cukup lama (menggunakan nama sendiri) juga ada peluang untuk masuk All-time Top Contributors yang didasarkan pada total nilai keseluruhan selama Tujuan Fitur image labeler ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi hasil pencarian gambar di mesin cari Google. Karena kerap kali gambar yang diindex Google tidak memiliki informasi yang lengkap dan relevan, pencarian gambar seringkali tidak akurat.
Untuk itulah Google membuat sistem label yang mengandalkan partisipasi orang banyak. Label-label yang digunakan orang banyak Banyak pengguna yang membantu secara sukarela karena dikemas dengan menarik (seperti bermain game), kegiatan mengisi label-label untuk gambar ini bisa menjadi pengisi waktu luang yang menyenangkan sekaligus sangat bermanfaat.
Dan apabila Anda masih bingung bagaimana Google mendaya gunakan permainan ini, saat Anda dan lawan main Anda mengetikkan label yang cocok, label inilah yang kemudian dipakai Google untuk dijadikan informasi atau tag untuk mendeskripsikan gambar tersebut agar muncul di pencarian yang relevan.
Sumber:http://images.google.com/imagelabeler/, http://googlesystem.blogspot.com/2007/05/google-image-labeler-is-more-exciting.html dan http://en.wikipedia.org/wiki/Google_Image_Labeler | |
|