mr.d0wer Redaksi
![Redaksi Redaksi](https://2img.net/h/mig33forum.com/images/ranks/mig33-team-capital.gif)
![avatar](https://2img.net/h/www.mig33imyu.com/users/39/32/81/avatars/gallery/migco10.png)
Jumlah posting : 1080 Join date : 14.09.09 Age : 35 Lokasi : MERAK-INDRAMAYU
![Google Luncurkan Insights for Search Empty](https://2img.net/i/empty.gif) | Subyek: Google Luncurkan Insights for Search Sun Oct 04 2009, 07:00 | |
| Pada bulan Juni Google memperbaharui salah satu produknya, yaitu Google Trends dengan menambahkan beberapa angka pada grafik dan memungkinkan kita untuk mengunduh hasilnya dalam bentuk spreadsheet (kedua fungsi tersebut hanya akan muncul jika kita sudah masuk dengan akun Google).
Kini Google telah mengeluarkan produk barunya yang mirip dengan Google Trends dan saat ini masih dalam tahap Beta. Produk ini bernama Google Insights for Search. Sebenarnya produk ini ditujukan untuk para pemasang iklan dan pemilik usaha online agar mereka dapat melihat popularitas penggunaan kata kunci tertentu dalam pencarian dan bagi Google sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri para pemasang iklan di AdWords dan jasa iklan lainnya.
Seperti halnya Google Trends, Anda bisa melihat tren kata kunci tertentu dan juga bisa membandingkan dengan kata kunci lainnya. Tampilan Google Insights for Search lebih mudah dimengerti sekaligus memberikan fungsi informasi yang lebih lengkap. Data kata kunci yang kita gunakan bisa dibatasi berdasarkan letak negara dan wilayahnya, jangka waktu tertentu, dan kategori.
Di sini saya mencoba menggunakan Google Insights for Search untuk membandingkan popularitas empat kata kunci berikut: Firefox, anthurium, BBM dan komputer. Dengan filter/batasannya di negara Indonesia pada bulan Januari 2007 - September 2008, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar berikut: Dan data yang dihasilkan adalah:
Interest over time - menunjukkan grafik pergerakan pencarian dari waktu ke waktu.
Selain itu, Google juga menampilkan:
1. Regional interest - menampilkan diagram batang untuk tiap wilayah di Indonesia mengenai persentase pencarian menggunakan kata kunci tertentu. 2. Region city - menampilkan wilayah dengan volume pencariannya 3. Kata pencarian yang biasanya berhubungan dan digunakan bersama kata pencarian tertentu, beserta presentase pemakaiannya
Data dan informasi yang ditampilkan bisa diunduh dalam bentuk CSV agar dapat kita buka dengan aplikasi Office seperti Excel dan dicetak. Tapi syarat untuk bisa mendownloadnya adalah kita harus sudah log in dengan akun Google.
Dari informasi yang disajikan di atas, banyak hal yang bisa disimpulkan, misalnya jika melihat grafik yang ada penduduk Indonesia dalam menggunakan kata kunci 'komputer' (garis warna hijau), trennya relatif stabil walaupun terkadang naik dan turun, berarti situs/blog dan iklan yang berhubungan dengan komputer masih laris dan diminati.
Lalu pencarian tanaman hias 'Anthurium' (garis warna merah), walaupun tidak banyak tapi kita bisa melihat trennya saat ini yang menurun dibandingkan pada pertengahan tahun 2007, berarti kemungkinan harga Anthurium juga ikut jatuh. Kemudian banyaknya pencarian menggunakan kata kunci BBM pada saat pemerintah mengumumkan kenaikan BBM, dan lain sebagainya. | |
|