mr.d0wer Redaksi
![Redaksi Redaksi](https://2img.net/h/mig33forum.com/images/ranks/mig33-team-capital.gif)
![avatar](https://2img.net/h/www.mig33imyu.com/users/39/32/81/avatars/gallery/migco10.png)
Jumlah posting : 1080 Join date : 14.09.09 Age : 35 Lokasi : MERAK-INDRAMAYU
![Google Insights untuk Pemilu 2009 (Program Komunikasi / Kampanye Partai Politik) Empty](https://2img.net/i/empty.gif) | Subyek: Google Insights untuk Pemilu 2009 (Program Komunikasi / Kampanye Partai Politik) Fri Oct 02 2009, 13:13 | |
| Artikel ini adalah sambungan dari tulisan sebelumnya yang berjudul ‘facebook, effective weapon of public relations. Di tulisan sebelumnya, saya mengatakan bahwa ada 5 senjata utama di Internet yang harus dikuasai oleh para pelaku Public Relations (PR). Setelah facebook sebagai senjata pertama, berikut ini akan saya paparkan secara singkat 1 senjata yang lain, yaitu Google Insights for Search. Saya ambil contoh pemanfaatannya untuk keperluan komunikasi / kampanye Pemilu 2009 di Indonesia nanti.
Fungsi dari Google Insights for Search, bagi keperluan PR, adalah untuk mencari data tentang tren kebutuhan informasi yang ada di masyarakat. Jadi pada saat PR, misalnya, ingin membuat acara media briefing, menyusun strategi pemasaran atau kegiatan ke-PR-an sejenisnya, maka isu-isu yang relevan bisa digali di Google Insights tersebut. Dari situ akan bisa dilihat, isu mana yang benar-benar sedang menanjak, isu mana yang lebih menarik ketimbang yang lain, serta pertimbangan2 lainnya yang relevan.
Konteks penggalian tren-nya juga bisa dipersempit, misalnya hanya untuk Indonesia saja. Bahkan bisa dipersempit lagi hingga skala sub-region tertentu semisal Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Jogjakarta dan lainnya. Tak hanya itu saja, timeframe pencariannya bisa dibatasi. Misalnya untuk 7, 30 atau 90 hari terakhir ataupun 12 bulan terakhir. Tahun yang tersedia juga dari tahun saat ini hingga mundur ke tahun 2004.
http://www.google.com/insights/search | |
|