mr.d0wer Redaksi
Jumlah posting : 1080 Join date : 14.09.09 Age : 35 Lokasi : MERAK-INDRAMAYU
| Subyek: Ngeblog di Server Lokal = Hemat + Cepat Fri Oct 02 2009, 12:25 | |
|
Detikcom baru saja meluncurkan (lagi) salah satu layanannya, based on request dari komunitas pembaca. Layanan tersebut adalah Blog Detik yang beralamat di www.blogdetik.com. Sedikit kisah dibalik blog detik tersebut bisa dibaca selanjutnya.
Singkat kata, dengan ngeblog di Blog Detik, kita bisa menghemat bandwidth internasional (yang ujung2nya ya menghemat devisa). Selain itu, karena ditaruh di lokal, tentu saja mengaksesnya bisa lebih cepet. Khususnya buat blog yang memang mayoritas pembacanya adalah berdomisili di Indonesia. Sebab servernya ditaruh di lokal punya. Jadi gak harus muter2 dulu ke luar negeri, semisal kalo kita ngeblog di wordpress.com, blogger.com, dll.
Lalu jangan kuatir, walaupun “lokalan”, kualitasnya dijaga ketat. Maklumlah, pendekar2 yang menjaga mesin (baca: 3 server dedicated!) untuk blog ini, adalah pendekar2 yang sehari-hari terbukti mampu banting-tulang menjaga kestabilan server detikcom hingga pernah mencapai peak bandwidth usage 150 Mbps untuk menghantarkan sekitar 15,2 juta pageviews bagi 2,9 juta pengunjung pada tanggal 28 Januari 2008 (hari senin awal minggu, saat running berita Pak Harto meninggal) tanpa masalah yang berarti. “Big applause untuk teman2 IT Agrakom-Detikcom!”
Ini saya postingkan juga log detikcom pada tanggal tersebut di atas:
Tertulis pageviews (jumlah halaman dibuka/dibaca) : 15.167.272, dengan unique visitors (based on IP) : 147.166.
Note: 1 IP berdasarkan penjejakan dan penelitian, dapat diasumsikan digunakan oleh 20 orang (mayoritas pengakses Detikcom dari kantor). Jadi ada sekitar lebih dari 2,9 juta pengunjung saat itu. Adapun rata-rata pengunjung Detikcom per hari dalam kondisi normal adalah sekitar 2,5 juta pengunjung per hari.
Kisah di Balik
Ada beberapa kisah di balik kisah pra-peluncuran blog detik ini. Misalnya, walau simpel digunakan oleh end-user, aktifitas penyiapannya butuh tenaga dan pikiran ekstra. Ini kombinasi kerja bareng antara tim community publisher, tim kreatif, dan tim IT.
tim community publisher bagian ngurusin ntar blognya siapa targetnya, bagaimana meningkatkan jumlah subscriber, bagaimana feel-and-look-nya, dsbnya. lalu tim kreatif bagian menerjemahkan keinginan tim publisher menjadi disain halaman yang simpel, meaningful tetapi useful. kemudian tim IT inilah yang ngoprek engine wordpress agar bisa link-and-match dengan request dari kedua tim tadi.
kedepannya, sedang dipersiapkan berbagai bentuk skema model kerjasama yang akan ditawarkan kepada blogger di detik blog. dari model kerjasama untuk sindikasi banner, sindikasi berita dll. nanti tim yang lebih luas akan turut dilibatkan, termasuk dari tim marketing dan tim promosi.
bocoran dikit, nanti dengan sindikasi banner, blogger bisa memasang banner2 yang di-provide oleh detikcom (dengan syarat dan ketentuan berlaku, hehehehe…..) dengan mekanisme kerjasama yang win-win. kayak gimana modelnya, ya tunggu aja yah.
sedangkan untuk sindikasi berita, akan dimungkinkan ada berita di detikcom yang di feed ke blog detik, atau sebaliknya, ada konten di blog detik yang di feed ke halaman depan detikcom atau spesifik ke halaman depan kanal2 spesifik (detikinet, detikhot, detiksport, detikfood, detikfinance, dll).
jadi nantinya (masih nanti tapi yahhhh), direncanakan mereka yang ngeblog di blog detik, bisa request (via additional feature) apakah postingannya akan ditampilkan di halaman detikcom yang mana, sesuai dengan spesifikasi dan kualitas dari kontennya tersebut.
kalau yang saya pikir sih, model bisnisnya bisa begini: bagi blogger yang bersedia blog-nya dititipi banner dari detikcom, untuk sekian impressi dia akan mendapatkan possibility sekian persen untuk tertayangkan postingannya di halaman depan detikcom atau kanal2 spesifik. atau bisa aja sih, skema model bisnis lainnya. | |
|