YouTube tak hanya menyediakan video yang berisi hiburan. Situs ini juga menyediakan peluang bisnis berupa iklan. Bagi perusahaan kecil yang tak mampu memasang iklan di TV, YouTube bisa jadi pilihan murah untuk berpromosi.
Pemilik biro iklan TurnHere di San Franscisco, Brad Inman merupakan salah satu orang yang berhasil membaca peluang dan menangguk untung dari YouTube. Solusi yang disediakan oleh TurnHere menjadi pilihan utama bisnis kecil di AS yang ingin membuat iklan video, tapi tidak tahu caranya agar terlihat profesional.
Analis menghitung, uang di bisnis niche ini siap meledak tahun ini. Perusahaan semacam TurnHere juga akan semakin cepat menghasilkan keuntungan. Untuk membuat sebuah iklan semacam restoran kecil, TurnHere hanya menarik biaya US$ 1.000.
Setelah iklan dipasang di YouTube, ternyata berhasil mencapai sasarannya. Restoran yang dibuatkan iklan oleh TurnHere berhasil menarik 300 konsumen baru di bulan pertama saja.
Perusahaan riset Kelsey Group menghitung belanja iklan online perusahaan kecil mencapai US$ 10,9 juta di 2007 dan akan menjadi US$ 1,5 miliar di 2012. Survei yang dilakukan AT&T juga mendapati setengah dari konsumen UKM nya berencana akan memasang iklan online dalam waktu dekat.
TurnHere bisa memproduksi 1.000 video tiap bulannya di 2008. Sementara pada 2007 berhasil memproduksi 2.800 buah video iklan. Inman yang hanya memiliki sedikit pengalaman di bidang video professional, sangat terbantu dengan melejitnya YouTube.
"Saya beruntung dapat menangkap dua tren, suksesnya click-and-play video (seperti di situs YouTube) dan turunnya biaya produksi video internet. Harga kamera makin murah,” katanya.
Untuk menjalankan bisnis biro iklan video online, dari segi gaji pegawai juga tidak berat.. TurnHere mempekerjakan 50 staf fulltime dan memiliki 6.000 pasukan freelancer.
Tugas freelancer adalah menjalankan semuanya mulai dari melakukan edukasi pada klien, melakukan syuting, menyutradarai dan mengedit video yang biasanya hanya perlu satu hari. Laba yang didapat Turn Here sangat menggiurkan. Freelancer dibayar US$ 250 untuk satu proyek, sementara klien membayar US$ 1.000 pada TurnHere.
Klien TurnHere masih terbatas pada perusahaan kecil dan iklan dipasang di situs semacam YellowPages.com, Superpages.com, Citysearch.com dan Kudzu.com. Tapi karena semakin popular, TurnHere mulai bisa mendapat klien besar semacam InterContinental Hotels (IHG), Williams Sonoma and Pottery Barn. Iklan perusahaan besar ini dipasang di website milik klien sendiri dan di YouTube.
Sejak TurnHere meraih sukses, lusinan perusahaan biro iklan semacam Denver Multimedia, SpotMixer, Spotzer, EZshow dan Mixpo ikut menyediakan layanan serupa. Agen iklan ternama di Los Angeles Spotrunner yang biasanya membantu klien besar untuk memasangkan iklan di TV, juga mulai menggarap iklan video online.
Langkah Spotrunner itu bisa menjadi saingan berat bagi TurnHere. Pasalnya Spotrunner akan menjadikan iklan di internet dalam satu paket. Perusahan besar akan mendapat keuntungan besar jika beriklan di banyak tempat mulai dari TV, radio dan internet.