JAKARTA - Meski belum semua perusahaan mempunyai minat besar untuk beriklan di internet, setidaknya ada empat industri yang mempunyai belanja iklan yang cukup besar di media yang tergolong baru ini.
Menurut Admax Network, yang merupakan jaringan periklanan digital terkemuka bagi situs lokal dan internasional utama di Asia Tenggara keempat perusahaan tersebut diantaranya adalah, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), operator telekomunikasi, Consumer Electronics, dan keuangan. Memang untuk saat ini, FMCG, operator telekomunikasi, dan consumer electronics, menjadi tiga besar yang berbelanja iklan di internet cukup banyak.
"Ketiga industri tersebut cukup besar belanjanya. Bahkan, untuk perusahaan telekomunikasi, terus meningkat setiap tahunnya," terang Peter Goldsworthy, Technical Advisor Admax Network, ketika berbincang dengan okezone di Menara Prima Jakarta, Jumat (13/3/2009).
Kendati demikian, penetrasi untuk memasang iklan internet di Indonesia masih tergolong kecil, hanya 0,14 persen. Dengan hasil tersebut, kita masih kalah jauh dengan negara-negara di Asia Tenggara seperti, Singapura, Thailand, dan Malaysia.
Padahal, banyak kelebihan yang akan didapat industri jika berbelanja iklan di internet, ketimbang media lain seperti koran. Karena Peter melihat, hanya melalui internet, iklan dapat dilakukan dengan interaksi dua arah. Dia mencontohkan, banner iklan di internet bisa digunakan untuk bermain games, ataupun survei.
"Faktanya, di internet akan terjaring lima sampai sepuluh konsumen baru. Inilah, yang membuat prospeknya sangat cerah di masa depan," imbuh pria campuran Australia dan Sunda.
Untuk itulah, Admax Network yang mempunyai jaringan pengiklan yang cukup besar, bakal memberikan banyak edukasi bagi pemasang iklan mengenai keuntungan dalam beriklan di core bisnis media ini, yang tergolong masih baru di Indonesia.