mr.d0wer Redaksi
![Redaksi Redaksi](https://2img.net/h/mig33forum.com/images/ranks/mig33-team-capital.gif)
![avatar](https://2img.net/h/www.mig33imyu.com/users/39/32/81/avatars/gallery/migco10.png)
Jumlah posting : 1080 Join date : 14.09.09 Age : 35 Lokasi : MERAK-INDRAMAYU
![3 Hal Mudah Paham Statistik Website Empty](https://2img.net/i/empty.gif) | Subyek: 3 Hal Mudah Paham Statistik Website Fri Oct 02 2009, 12:26 | |
| ![3 Hal Mudah Paham Statistik Website Dbu-logdetikcom](https://2img.net/h/donnybu.blogdetik.com/files/2008/02/dbu-logdetikcom.jpg)
Saya sering mendapatkan pertanyaan, “berapa hits detikcom?”, “apa beda visitor dan unique visitors?”, “apa sih pageviews itu?”, dll. Berikut ini saya akan share cara mudah memahami (dan membaca) statistik suatu website.
1. masih relevankah hits?
sebagai ilustrasi, mari bayangkan ada 2 stand/booth makanan di sebuah party yang di masing2 stand kita anggap secara jumlah berisi sama 5 jenis minuman aneka rasa. dalam bentuk website, si stand itu sendiri adalah 1 halaman website yang berisi 5 banner/gambar/image/icon/dll (saya sebut sebagai ornamen. dalam prakteknya, tiap halaman bisa berbeda jumlah ornamennya. kemudian ada 4 orang tamu mengunjungi seluruh stand tersebut. maka terjadilah 48 hits. kok 48? mari kita hitung bersama dengan rumus:
hits = visitors x (pages x ornamen) + pages
= 4 x (2 x 5) + 2 = 4 x 10 + 2 = 40 + 2 = 48 hits!
mudahnya begini, kalikan jumlah pengunjung dengan jumlah seluruh hidangan yang tersedia, dan kemudian hasilnya ditambah dengan jumlah standnya itu sendiri. jadi hits itu menghitung seluruh komponen/ornamen yang diakses oleh pengunjung, tanpa terkecuali, pada sebuah website.
lalu bagaimana untuk meningkatkan hits? caranya: a. menaikkan jumlah pengunjung (visitors), atau b. menaikkan jumlah halaman, atau c. menaikkan jumlah hidangan yang tersedia! nah di sinilah pangkal persoalan, mengapa kemudian hitung2an hits menjadi tidak relevan, bahkan tidak lagi dipakai!
anggap ada 2 buah website, website ‘A’ dan ‘B’. sama2 populer, dengan jumlah pengunjung sama, semisal 10 pengunjung per hari. jumlah halaman informasi yang mereka bisa produksi per hari pun sama, misalnya 5 halaman per hari. tetapi, website ‘A’ penuh dengan ornamen2 gambar, banner, icon, dll sehingga total ada 20 ornamen di setiap halamannya. sedangkan website ‘B’ lebih konservatif, hanya ada 10 ornamen di setiap halamannya. mari kita hitung hitsnya:
hits website ‘A’ = 10 visitors x 5 pages x 20 ornamen + 5 pages = 1005 hits
hits website ‘B’ = 10 visitors x 5 pages x 10 ornamen + 5 pages = 505 hits.
disini menggambarkan, bahwa hits tidak bisa menunjukkan popularitas sebuah website. karena hanya dengan menambahkan icon, gambar, image kecil saja di halaman website (yang kadang tidak ada gunanya sama sekali), maka hitsnya pun akan berubah. bahkan sebuah website yang pengunjungnya (dan/atau jumlah halamannya) jauh lebih sedikit dari website lain, bisa saja dia punya hits lebih tinggi, hanya karena dia memasang banyak sekali ornamen di halamannya.
2. lalu mengapa pageviews?
pageviews adalah salah satu ukuran yang paling jamak digunakan untuk mengukur popularitas sebuah website. pageviews itu bahasa mudahnya adalah “jumlah halaman terbaca”. ibarat party, mari kita anggap ada sejumlah stand minuman dan makanan dengan sajian yang berbeda.
anggap ada 10 stand, dengan jumlah pengunjung 20 orang. maka akan terjadi 200 pageviews. cara menghitungnya menggunakan rumus sederhana:
pageviews = visitors x pages
= 20 x 10 = 200 pageviews!
dari rumus dan perhitungan di atas, jelas bahwa pageviews lebih fair dalam menilik popularitas sebuah website. lalu bagaimana untuk meningkatkan pageviews? caranya hanya dua, yaitu : a. menaikkan jumlah pengunjung (visitors) atau b. menaikkan jumlah halaman yang dibaca!
tetapi, kedua cara tersebut sangat tergantung pada faktor eksternal yang di luar kendali/kontrol kita.
untuk menaikkan jumlah pengunjung (visitors), berarti sama dengan menarik pengguna Internet yang selama ini belum belum mengakses website kita. berarti perlu adanya upaya promosi. ibaratnya, percuma kita punya produk bagus, tetapi orang yang tahu sedikit lantaran tidak kita promosikan. pun (berpromosi untuk) menaikkan jumlah pengunjung, akan terkait dengan seberapa banyak orang yang sudah mengakses Internet, bagaimana demografi dan psikografinya, dll.
sedangkan upaya untuk menaikkan jumlah halaman yang dibaca, tidak cukup sekedar menaikkan jumlah halaman saja. ibaratnya, bisa saja kita menyediakan aneka makanan dan minuman kepada para tamu kita. pertanyaannya, apakah makanan/minuman tersebut memang disukai oleh para tamu? apakah para tamu tersebut punya cukup waktu untuk mencicipi seluruh hidangan kita? apakah tamu kita gampang kenyang atau memang laper berat? jadi, percuma saja membuat konten sebanyak2nya (kuantitas), tetapi secara kemasan tidak menarik pengunjung untuk membacanya.
tips sederhana meningkatkan pageviews: buatlah situs dengan jumlah informasi yang memadai dan rajin di-update secara berkala + konsisten, dengan kemasan yang unik dan menarik pembaca, serta promosikan kepada khalayak luas (dari bertukar link/banner s/d membangun komunitas)
3. lalu apa beda visitors dan unique visitors?
visitors ya artinya pengunjung. unique visitor ya pengunjung unik :p gitu aja kok repot. hehehehe…. begini penjelasannya. unique visitors adalah jumlah pengunjung yang dijejak berdasarkan, misalnya, nomor IP-nya. nah biasanya yang terjejak oleh mesin log adalah IP publik (IP warnet, kantor, dll), bukan IP private (IP komputer dalam jaringan kantor/warnet atau yang ngumpet di belakang firewall).
jadi misalnya terjejak ada 10 unique visitors, ini berarti ada 10 IP yang terekam. 10 IP ini tidak berarti ada 10 visitors lho! sebab di belakang 1 IP bisa jadi ada 10 PC/user. misalnya ada 1 IP yang dipake oleh perusahaan ‘A’, tetapi perusahaan itu memiliki 20 karyawan dengan masing2 PC yang bisa konek ke Internet. berarti 1 unique visitor tersebut mewakili 20 visitors.
Contoh Kasus
mari kita lihat data real dari log detikcom harian di atas:
- pageviews: 15 juta per hari (pembulatan)
- unique visitors : 150 ribu IP per hari (pembulatan)
berarti 1 IP membaca 100 halaman. dengan asumsi 1 IP digunakan oleh 20 orang, maka 1 orang membaca setidaknya 5 berita per hari. menurut log, memang secara umum pengakses membaca sekitar 5-6 berita/hari, meskipun ada juga yang ekstrem bawah 2-3 berita/hari ataupun ekstrem atas 9-10 berita/hari. dengan asumsi 1 IP digunakan 20 orang tersebut, maka ada sekitar 3 juta pengunjung per hari (150 ribu IP x 20 orang).
mudah2an bermanfaat.
| |
|