mr.d0wer Redaksi
Jumlah posting : 1080 Join date : 14.09.09 Age : 35 Lokasi : MERAK-INDRAMAYU
| Subyek: Mengapa (Tugas) Kuliah Kok Pake Blog? Fri Oct 02 2009, 12:21 | |
|
saya lagi membiasakan mahasiswa2 saya di uph (dan diri saya sendiri tentunya), untuk terbiasa sharing knowledge (via blog). untuk itu, sengaja tugas2 yang saya berikan di kelas (ataupun secara remote), harus mereka upload di blog yang sudah saya tentukan. contohnya bisa ditengok di http://jurnalismaya.blogdetik.com dan http://pertekkom.blogdetik.com. alasannya simpel.
1. kalau mereka mengumpulkan tugas secara konvensional, dengan selembar kertas, maka mereka hanya (belajar) bertanggung-jawab kepada dosen, dosen bertanggung-jawab kepada jurusan (kajur), kajur ke dekan, dekan ke rektor, rektor ke yayasan. selesai! 2. semakin banyak mereka menggunakan kertas, semakin banyak pohon yang harus ditebang. terlalu tinggi memang idealismenya, tetapi kita masih bisa berbuat dari hal2 yang kecil untuk tujuan yang gede. inget, global warming! 3. selain itu, kalau pake kertas, paling mentok2 jadi sampah di rumah atau mobil saya. belum lagi kalo keselip dimana, padahal nilai belum diinput. jadi nambah kerjaan. 4. nah kalau ngumpulin pake e-mail, ini juga bikin repot. dari sekian banyak e-mail yang masuk, bisa2 e-mail mereka ketlinsut entah kemana. ah, khan bisa di filter ke folder khusus. ya memang bisa, tetapi namanya mahasiswa, kadang2 mereka missed untuk ngasih subject yang sudah ditentukan. jadi filternya gak ngenalin e-mailnya, jadi masuk ke inbox umum. jadi saya ribet aja harus ngubek2 ratusan e-mail sebelumnya. 5. selain itu, kalo pake e-mail, lagi2 mereka hanya akan bertanggung-jawab kepada dosen, dan seterusnya. jadi, alasan saya menggunakan blog untuk tugas2 mahasiswa adalah supaya:
* mereka bertanggung-jawab tidak hanya kepada saya dan tidak hanya sekedar mengejar nilai, tetapi mereka bertanggung-jawab atas kredibilitas informasi yang mereka tulis (sampaikan) di blog, karena dibaca oleh sekian juta orang. semakin krebibel tulisan mereka, semakin kredibel mereka dan asal-usulnya. demikian pula sebaliknya. jadi yang menilai kualitas dari tugas yang mereka kumpulkan tidak hanya saya sebagai dosen (atau kampus sekalipun), tetapi masyarakat umum! * dengan memposting di blog, jawaban/hasil atas tugas2 mereka akan lebih awet dan permanen, karena bisa terarsip dengan rapi, bisa diakses kapanpun dan dimanapun * mahasiswa akan bisa saling membandingkan tugas mereka dengan tugas kelompok lain, kelas lain ataupun kampus lain. sehingga semangat untuk saling berkompetisi yang sehat, bisa ditumbuhkan. * yang akan menilai tugas2 mereka di blog adalah peer mereka sekelas. artinya, nanti nilai tugas suatu kelompok dinilai oleh seluruh kelompok yang lainnya. sehingga tidak ada nilai MUTLAK dari dosen, tetapi nilai relatif berdasarkan penilaian peer group
jadi, inilah alasan saya mengapa diperkuliahan saya lebih sering bermain googling dan wikipedia untuk cari informasi, dan blog untuk posting hasil tugas mahasiswa
nb: saya berencana untuk tahap keduanya, memposting materi2 kuliah saya (khususnya yang terkait dengan cyber journalism, e-business dan communication technology development) di blog juga. jadi nanti mahasiswa2 saya (dan mahasiswa2 dari kampus manapun) bisa mengakses materi2 perkuliahan saya, kapanpun dan darimanapun.
| |
|